Minggu, 17 Desember 2017
   EN   

I Info BKIPM

Peresmian Kantor Wiker KIPM Sota di Perbatasan RI - PNG

03/10/2017. Pada pagi Selasa kemaren Kepala Beserta Staf Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas II Merauke, SATWAS PSDKP dan Kepala Pelabuhan Perikanan telah menjemput Ibu Kepala BKIPM DR. Ir. Rina, M.Si yang didampingi oleh satu orang stafnya dan Kepala Balai KIPM Kelas II Jayapura yang baru turun dari Pesawat Garuda penerbangan dari Jakarta ke Merauke. Alhamdulillah Ibu Kepala BKIPM sampai dengan kondisi sehat wal afiat walaupun menempuh perjalanan yang cukup jauh. Dalam penjemputan ini tampak Komunikasi, Koordinasi dan Kerjasama telah berjalan baik di ketiga Instansi tersebut.

Setelah beristirahat sebentar Ibu Kepala BKIPM langsung menuju Kantor SKIPM Kelas II Merauke dan melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai. Beliau juga memberikan semangat, motivasi dan tantangan yang akan dihadapi kepada seluruh pegawai dalam memajukan BKIPM dan mendukung program-program kerja pemerintah terutama KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan).

Setelah acara pembinaan pegawai, Ibu Kepala BKIPM, Kepala Balai KIPM kelas II Jayapura diajak ke wilayah perbatasan yaitu Distrik Sota untuk melihat kondisi Kantor KIPM Wilker Sota yang baru dibangun. Sesampainya di perbatasan ibu Kepala BKIPM kaget dan terharu disambut baik oleh masyarakat Sota dengan tarian-tarian adat. Ibu Kepala BKIPM juga dipakaikan pakaian adat dan sangat terlihat cantik dan indah sekali memakai pakaian adat.

 

Dalam kesempatan itu Kepala Distrik Sota dan Tokoh Adat juga menyampaikan pidato rasa terima kasihnya kepada BKIPM yang ikut membangun dan berpartisipasi dalam memajukan daerah perbatasan Sota. Mereka berharap keberadaan kantor baru tersebut bisa memberi sumbangsih terhadap masyarakat setempat dan dapat berbaur bekerjasama dalam pembangunan di wilayah perbatasan. Itulah harapan dari sambutan Tokoh adat dan Kepala Distrik Sota.

Dalam sambutannya kepala BKIPM yang biasa disapa Ibu Rina telah menjelaskan kepentingan didirikannya Kantor KIPM Wilker Sota dalam fungsinya menjaga Kedaulatan Sumberdaya Perikanan Indonesia dalam mengelola Sumberdaya Ikan yang berkelanjutan. Ibu Rina juga menjelaskan bahwa wilayah perbatasan merupakan wilayah yang strategis dalam memperkenalkan Negara kita Indonesia kepada negara tetangga kita. Oleh sebab itu harus dibangun infrastruktur yg bagus dan indah sebagai bukti kemajuan bangsa kita.
Ibu kepala BKIPM juga memberikan gambaran kepada masyarakat tentang pentingnya tugas Karantina Ikan dalam menjaga ancaman-ancaman hama penyakit ikan karantina yang dapat merugikan perekonomian masyarakat kita apabila ikan-ikan kita terinfeksi Hama & Penyakit Ikan yang berbahaya.
Beliau juga berharap petugas yang telah ditempatkan menempati wilayah perbatasan ini bersama-sama masyarakat dapat bekerjasama dalam menjaga kedaulatan sumberdaya perikanan Indonesia dan membangun bangsa ini. Di akhir acara Ibu Kepala BKIPM DR. Ir. Rina, M.Si dengan resmi meresmikan pembangunan kantor KIPM Wilker Sota dengan simbolis pemotongan pita. 

Setelah kegiatan peresmian kantor KIPM Wilker Sota ibu Kepala BKIPM bejalan-jalan melihat situasi di titik nol perbaatsan Sota yang juga didampingi oleh Kapolsek Sota dan Pamtas (Pengamanan Perbatasan) dari TNI AD Yonif 705 yang bertugas di perbatasan Sota.

Malam harinya Kepala BKIPM dan seluruh Pegawai SKIPM Kelas II Merauke melakukan acara ramah tamah yang juga dihadiri oleh Kepala Pelabuhan Perikanan, SATWAS PSDKP, dan Dinas Perikanan.

Hingga pagi tadi ibu Kepala BKIPM kembali menyempatkan dirinya untuk mengunjungi kantor pelayanan satu atap di Pelabuhan Perikanan Merauke. Ibu Kepala Badan merasa senang sekali ada beberapa instansi yang dapat melakukan pelayanan satu atap kepada masyarakat atau pelaku usaha perikanan dalam meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Setelah selesai melakukan kunjungan ke pelabuhan perikanan Ibu Kepala Badan dan stafnya serta Kepala Balai KIPM Kelas II Jayapura melanjutkan perjalanan menuju bandara Mopah Merauke yang dikawal oleh Voorijder yang setia mengawal perjalan kami dari kemaren. Dalam perjalanan menuju bandara Ibu Kepala BKIPM mendapat undangan langsung untuk bergabung dengan Kapolda Papua Bapak Roy Rafli Amar di Ruang VVIP. Ibu Kepala Badan dan Bapak Kapolda Papua tampak akrab sekali berbincang-bincang sampai-sampai tamu yang lain kurang diperhatikan dan ada yang merasa cemburu dan bertanya-tanya siapa sih tuh ibu?. Dalam ruang VVIP ini juga Ibu Kepala BKIPM juga didampingi oleh Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Merauke, Kepala Pelabuhan Perikanan dan SATWAS PSDKP untuk mengantarkan ke pesawat. Semoga Komunikasi, Koordinasi dan Kerjasama antar instansi ini selalu terjaga dengan baik. Dan hingga akhirnya ibu kembali ke Jakarta menaiki Pesawat. 

Selamat Kembali ke Jakarta Ibu Kepala BKIPM DR. Ir. Rina, M.Si.

Komentar




Search